Kamis, 12 Maret 2009

Keutamaan Puasa Senin Kamis


Bismillah

Diantara puasa sunnah yg dianjurkan Rasulullah SAW. adalah puasa senin kamis.Jika dihubungkan dgn waktu ,puasa senin kamis adalah puasa yg terdapat disetiap pekan.Ada dua hadist yg menegaskan .

Pertama :hadist dari Abu Hurairah ra.yang meriwayatkan bahwa Nabi SAW.paling sering berpuasa senin kamis,ketika hal itu ditanyakan kepadanya ,beliau menjawab;'' Seluruh amal dibentangkan pada hari senin dan kamis.Ketika itulah Allah mengampuni setiap muslim kecuali yg melakukan dosa secara terang terangan.Allah berkata ,''Tidaklah untuknya''.{HR.Ahmad dgn sanad sahih}.

Kedua:Hadist dari Abi Qatadah al-Anshariy ra ,bahwa: ''Rasulullah SAW .pernah ditanya tentang puasa pada hari Arafah,Beliau menjawab: Puasa itu menghabus dosa tahun yg lalu dan tahun yg akan datang.Dan Beliau ditanya tentang puasa Asyura,Beliau menjawab:Puasa itu menghabus dosa tahun yg lalu.Beliau ditanya lagi tentang puasa senin kamis, lalu Beliau menjawab:Pada hari itu adalah hari dimana aku dilahirkan,aku dijadikan seorang utusan {Rasul},dan pada hari itu juga aku menerima wahyu''.{HR.Muslim}.

Adapun
hikmah didalam nya dalam hadist Nabi yg berbunyi:''Disurga ada pintu bernama rayyan.Hanya orang orang yg berpuasa saja yg dapat masuk pintu itu.selain orang yg berpuasa tidak ada yg dpt memasukinya.{HR.Bukhari, Muslim}.

''Puasa adalah benteng yg membentengi seseorang dari api neraka yg membara''.{HR.Ahmad dan Baihaqi}.

''Segala sesuatu itu ada zakatnya,sedang zakat jiwa itu adalah berpuasa. Dan puasa itu separo kesabaran''.{HR.Ibn Majah}.

Dengan membiasakan puasa senin kamis bisa menjadikan seorang hamba semakin dekat dgn Sang Khaliq,dan merupakan ikatan janji seorang muslim kepada Allah SWT. dimana ketaatan pada-NYA akan terus berlangsung ,tidak hanya pada bulan Ramadhan saja.

Semoga kita bisa meneladani apa yg diperbuat dan di syariatkan Nabi SAW.agar dapat menggapai hikmah-hikmahnya hingga kehidupan akan jauh lebih bermakna.Amin

sumber:hidayah

Alhamdulillah.pelajaran bg diri sendiri.



Tidak ada komentar: